Selamat Datang Di Blog Imas Kusumadewi Semoga Postingan dalam blog ini berguna untuk kalian.

Rabu, 03 Oktober 2012

Pemakaian Dan Perkembangan E-Commerce

E-Commerce dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan perdagangan elektronik, pada saat ini menjadi salah satu cara yang paling baik untuk berjualan. Pengertian dari e-commerce sendiri merupakan salah satu cara penjualan atau pemasaran barang ataupun jasa melalui system elektronik atau kita sebut dengan dunia internet, televise dan jaringan computer lainnya. Internet sendiri merupakan jaringan computer global yang menghubungkan jaringan privat dan public untuk berbagi informasi dimana internet ini telah digunakan untuk komersial seja tahun 1995. Jenis e-commerce ini dapat dibagi menjadi dua yaitu, Bussiness to Bussiness (B2B) dan Bussiness to Consumer (B2C).
E-commerce ini merupakan seperti email, apa yang sulit atau tidak mungkin dilakukan sebelum ada e-commerce menjadi mungkin terjadi. E-commerce ini merupakan salah satu akibat dari perkembangan internet yang signifikan bagi dunia bisnis. Hal ini dirasakan cukup besar oleh perusahaaan skala besar karena implementasinya dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan terutama bagi kelancararan proses-proses bisnis.
Perkembangan e-commerce di Indonesia pada saat ini semakin meningkat digunakan oleh banyak perusahaan. Karena pasar Indonesia yang cukup besar dan komunitas pengguna internet di Indonesia cukup banyak. Selain disamping ada beberapa kerugian yang bisa terjadi dari e-commerce banyak pula keuntungan yang dapat diambil oleh perusahaan dalam meningkatkan pemasarannya produknya. Perkembangan e-commerce telah ada sejak tahun 1996 dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-net (www.dnet.id) sebagai perintis transaksi online. Konsumen/pelanggan pun sudah banyak yang tertarik menggunakan jasa e-commerce. Karena sudah banyak dari konsumen /pelanggan yang mulai mempercayai penjualan menggunakan E-commerce ini. Mengutip dari pernyataan Dimitri Mahayana yang menyatakan bahwa perdagangan melalui internet di Indonesia pada 2009 telah mencapai 35 triliun. Dilihat dari perkembangannya di Indonesia masih memiliki potensi untuk berkembang lebih lagi, karena ada beberapa hal yang mempengaruhinya yaitu
a. Akses dari internet semakin murah dan cepat yang akan menungkatkan jumlah pengguna internet
b. Dukungan dari bidang perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang dapat mempercepat proses transaksi
c. Semakin mudah dan murahnya membangun situs e-commerce dengan tersedia software open source
d. Selain itu di Indonesia harus diterapkan peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan dan potensi kerugian lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar